Resep dan cara membuat ayam nugget (chicken nugget)

Resep dan cara membuat ayam nugget (chicken nugget). Mungkin banyak dari Anda yang sudah familiar dengan makanan ini. Meskipun penganan ini terbilang cukup populer, namun hingga saat ini admin indoresepmu.blogspot.com masih kesulitan dalam menemukan padanan kata yang cocok untuk pengertian chicken nugget dalam bahasa Indonesia.

Jika kedua kata dipisahkan, maka chicken nugget dalam bahasa Indonesia secara harfiah berarti ayam gumpal atau bongkah. Namun bisa dipastikan Anda tak akan mengerti makanan jenis apa sebenarnya chicken nugget jika kita menggunakan istilah ayam gumpal. Bukankah demikian?.

Nah, sebelum kita mencoba untuk membuat ayam nugget, situs resep masakan www.indoresepmu.blogspot.com akan terlebih dahulu memberikan sedikit informasi yang berkenaan dengan asal muasal makanan ayam yang digoreng dengan tepung panir (tepung roti) ini.

Chicken nugget pertama kali ditemukan oleh seorang profesor sains kuliner dari Cornell University bernama Robert Carl Baker pada tahun 1950-an. Robert lahir pada tanggal 29 Desember 1921 di Newark, New York, Amerika Serikat. Selama karirnya sebagai seorang profesor makanan, ia telah menemukan berbagai macam jenis inovasi makanan dan masakan. Salah satu inovasinya yang paling terkenal adalah menciptakan chicken nugget. Saking terkenalnya chicken nugget pada saat itu, seorang pemusik komedi bernama Paul and Storm bahkan sempat mengabadikan namanya dalam sebuah lagu yang berjudul Nugget Man.

Inovasi briliannya dalam menemukan chicken nugget yang beraneka bentuk akhirnya dipesan oleh McDonalds oleh Tyson Foods pada tahun 1979. Hingga akhirnya pada tahun 1980, chicken nugget atau yang di Indonesia dikenal sebagai ayam nugget pun resmi diperkenalkan kepada publik dan dijual secara bebas melalui gerai-gerai McDonalds.

Nah, bagaimana?. Ternyata ayam nugget memiliki sejarah perjalanan yang cukup panjang bukan. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, makanan ini mampu bertahan lebih dari 6 dekade hingga saat ini.

Untuk membuat chicken nugget yang enak, tentu Anda tak perlu menjadi profesor terlebih dahulu karena indoresepmu.blogspot.com akan memberikan ulasan lengkap mengenai resep ayam nugget dan cara membuatnya. Berikut ini adalah beberapa bahan yang perlu untuk Anda persiapkan dahulu.

Bahan utama chicken nugget:
1/2 kilogram daging ayam giling (cincang)
2 butir telur ayam
1/2 sendok teh merica bubuk (opsional)
5 butir bawang putih dihaluskan
1/2 sendok teh penyedap rasa
5 lembar roti tawar putih tanpa kulit
2 sendok mentega sebagai olesan loyang

Bahan lapisan luar:
150 gram tepung panir atau tepung roti
2 butir telur ayam

Cara membuat ayam nugget:
  • Siapkan mangkuk lalu isi dengan air matang. Rendam lembaran roti tawar hingga mengembang dan lembek. Peras kemudian ambil ampasnya. 
  • Ditempat terpisah, siapkan wadah besar. Masukan daging ayam cincang, bawang putih, penyedap rasa, garam dan merica bubuk. Pijat dan uleni bahan adonan hingga merata.
  • Masukkan ampas roti dan uleni lagi. Selanjutnya campurkan telur ayam dan uleni lagi menggunakan tangan hingga merata.
  • Siapkan loyang dan oleskan dengan mentega. Tuang adonan chicken nugget yang sudah jadi kedalam loyang
  • Kukus adonan selama kurang lebih 20 sampai 30 menit dengan api sedang. Angkat lalu dinginkan
  • Siapkan 2 mangkuk bersih yang terpisah, 1 untuk telur ayam dan 1 lagi untuk tepung roti
  • Kocok telur ayam hingga rata lalu ambil chicken nugget yang sudah dikukus, celupkan kedalam telur angkat kemudian gulirkan dengan tepung roti. Lakukan hal yang sama terhadap sisa chicken nugget lainnya sampai selesai
  • Panaskan minyak goreng dengan wajan lalu goreng ayam nugget dengan api kecil selama 10 hingga 15 menit saja
  • Angkat dan sajikan chicken nugget bersama sambal serta lauk-pauk lainnya
Resep dan cara membuat ayam nugget (chicken nugget)
Resep dan cara membuat ayam nugget (chicken nugget)
Bagaimana menurut Anda?. Ternyata untuk membuat ayam nugget tidak terlalu sulit bukan?. Selain sajian ini, Anda juga dapat mempraktekkan menu-menu serta resep masakan lainnya yang juga menggunakan bahan utama daging ayam. Beberapa diantaranya adalah resep ayam teriyaki, kemudian ada juga resep ayam bakar yang dipadukan dengan madu serta berbagai macam jenis masakan lainnya yang berbahan dasar olahan daging ayam yang dapat Anda coba di dapur. Selamat mempraktekkan dan semoga berhasil. Salam kuliner!.
Resep dan cara membuat ayam nugget (chicken nugget) Resep dan cara membuat ayam nugget (chicken nugget) Reviewed by Jay on 12:47 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.